Minggu, 02 Desember 2012

Lebah Madu

Teman-teman.... tahukah kalian jika hewan lebah madu ternyata mempunyai hal-hal yang bermanfaat untuk manusia dan dapat dijadikan sebagi contoh yang baik untuk bangsa kita......


Lebah (An-Nahl) adalah hewan serangga yang dapat menghasilkan madu. Lebah juga merupakan salah satu hewan yang disebutkan dalam al-qur’an. Hewan ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia, terutama untuk kesehatan dan kecantikan yaitu madu lebah. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam firman Allah :

"Beri saya air karena Allah telah berfirman: "Dan kami telah menurunkan air yang banyak manfaatnya dari langit ...... “(QS 50:9). Beri saya madu karena Allah SWT telah berfirman: "…Di dalamnya terdapat kesembuhan untuk manusia…” (QS 16:69).

Selain untuk kesehatan, kehidupan serta kegiatan lebah juga bisa dijadikan contoh sebagai umat manusia. Dari segi kegiatan lebah maka semua individu lebah mengetahui benar kewajibannya dan melaksanakannya dengan cara terpadu yang sangat baik bersama individu‑individu lain dalam kelompok.

Alat‑alat pengaturan dan pengontrolan itu tertanam dalam fitrah yang diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala pada diri lebah. Setiap individu bekerja untuk kelompok karena itu masyarakat lebah ini kelihatan seperti sebuah sosok tubuh bahkan sebuah umat atau bangsa.

"Tidak ada yang melata di bumi atau pun yang terbang dengan kedua sayapnya, kecuali ia adalah umat (bangsa) seperti kamu....”(QS 6:38).

Maha suci Allah, Maha Pencipta berfirman pula:

"Maha suci Tuhan kami yang memberikan karunia kepada segala sesuatu yang diciptakan‑Nya, kemudian menunjukinya." (QS 20:50).
Ayat‑ayat khusus tentang lebah tidak lain dari satu rentetan bukti keajaiban ilmiah yang dimulai dengan firman‑Nya:
"Tuhanmu mewahyukan kepada lebah ...” (QS 16:68).

Demikian hal-hal yang bisa kita ambil dari suatu hewan yang disebutkan dalam Al- Qur’an (lebah/An-Nahl).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar