Rabu, 19 Desember 2012

Pengobatan untuk sakit maag


Sakit perut atau biasa kita sebut dengan sakit maag, pasti kita semua mengalaminya...
sebenarnya sakit ini bisa dihindari...
Tapi jika sudah terlanjur mau bagaimana lagi...
Saya mau berbagi sedikit pengobatan herbal untul sakit maag ini,,
Penyakit Maag adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan tidak sehat, misalnya :
  • makan tidak teratur atau terlalu cepat,
  • makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak,
  • merokok dan banyak minum kopi/alkohol,
  • stres yang berlebihan.
Pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan cara :
a.       mulai makan yang teratur
b.      kurangi stress dan banyak pikran karena itu juga bias menjadi factor pemicu produksi asam lambung
c.       tumbuhan herbal yang bias kita gunakan untuk mengobati sakit maag, di antaranya :
·         Kunyit
Penggunaan : Ambil dua ruas kunyit, kupas, bersihkan dan parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya. Minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.
·         Lidah buaya
Penggunaan : Kupas kulit lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya berkurang, Rebus hingga matang ( air mendidih). Sajikan dengan menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya atau dapat juga dijadikan jus dengan menambahkan madu.
·         Pisang raja
pengggunaan : pilih pisang yang sudah tua dan belum matang, keringkan pisang dengan cara kupas kulit pisang. potong kecil-kecil seperti keripik dengan cara dijemur ( jangan langsung dibawah mathari, cukup diangin-anginkan saja ), setelah kering jadikan bubuk dapat di tumbuk atau blender. Ambil dua sendok bubuk pisang, campur dengan madu, konsumsi dua kali sehari pagi dan malam.
·         Kacang hijau
penggunaan : Bersihkan kacang hijau, keringkan dengan cara dijemur, sangrai kacang hijau hingga matang lalu tumbuk hingga halus, Ambil satu sendak makan bubuk kacang hijau dan campurkan dengan air hangat, minum tiga kali sehari.
·         Susu kambing
Minum 200 ml susu kambing dengan rutin atau saat maag menyerang. Susu kambing bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung yang berlebih.

Untuk wanita yang sedang Hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi bahan diatas karena dapat berakibat kurang baik untuk janin yang dikandung dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kesehatan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar