FORMAT
MEDIA
Nama Media : Potongan Kertas Shalat 5 Waktu
Nama Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : II/1
Waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami kalimat thayyibah (basmalah), dan
al-asma’ al-husna (ar-rahman, ar-rahim dan as-sami’)
Kompetensi Dasar
1.3 Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap
shalat lima waktu
INDIKATOR
·
Menjelaskan
pengertian shalat
·
Menyebutkan
macam-macam shalat lima waktu
·
Menjelaskan
macam-macam shalat lima waktu
Tujuan:
Dengan
menggunakan media potongan kertas shalat 5 waktu, siswa akan lebih mudah
memahami macam-macam, raka’at, dan waktu pelaksanaan shalat lima waktu.
Kegiatan yang dilakukan siswa juga akan lebih menyenangkan dan tidak
membosankan. Penggunaan media ini juga akan meningkatkan daya ingat siswa
materi shalat 5 waktu.
Biaya:
Swadaya
Alat dan Bahan:
Alat: gunting, double tip
Bahan: kertas asturo, kertas
karton, spidol
Cara Pembuatan:
Potong
kertas asturo dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran sedang dan lebar,
kemudian tulis potongan kertas sedang dengan tulisan “isya”, potongan kertas
selanjutnya “4 rakaat”, potongan kertas lebar diberi tulisan “mulai hilangnya
mega merah sampai terbit fajar shodiq atau pukul 19.00 – 04.00”. dan seterusnya
sampai semua shalat 5 waktu. Kemudian bagian belakang tulisan diberi double
tip. Siapkan juga kertas karton sebagai tempat untuk menempel potongan kertas
asturo.
Cara Penerapan:
Guru
menempelkan kertas karton di papan, kemudian guru meletakkan potongan kertas
secara acak di atas meja. Guru meminta salah satu siswa untuk maju dan dan
mengambil salah satu macam shalat 5 waktu lalu ditempel dikarton yang sudah
disediakan. Satu siswa yang lain maju untuk mengambil waktu pelaksanaan shalat
yang sesuai lalu di temple di karton. Dan seterusnya sampai semua potongan
kertas habis.
Surabaya, 14 Oktober 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Guru
Bidang Studi
(Zumrotul Mukaffa, M.Ag.) (Zamrotul
Muhibbah)